Navigation : Home Copyright 2011
Selamat Datang di AllAboutTekno.blogspot.com! Alam memiliki potensi yang luar biasa untuk bisa digali. Namun tangan nakal manusia seringkali berlebihan memakai alam ini hingga tak sempat mengurusnya. Sebenarnya, jika alam ini kita dekati, maka akan terasa pula kekayaan yang alam miliki untuk kita. Heal Global Warming of Our World for our Better Life! (Muhammad Zha'farudin)

Artikel Untuk Lomba Blogging Computing Cup 2011

Dukung gerakan 3s (Stop Situs Sampah) demi kemajuan teknologi informasi yang kian berkembang dan jadikan internet untuk sumber ilmu pengetahuan yang paling efektif agar bermanfaat untuk kita semua. Judul "Keberadaan Situs Sampah, Merendahkan Kualitas Teknologi Informasi".
Segala cara dilakukan oleh para blogger untuk mendapatkan page rank tertinggi. Hal itu memunculkan adanya SEO (Search Engine Optimization), yaitu suatu cara mengoptimasi blog agar search engine dapat melakukan crawl di blog dengan baik sehingga blog dapat ditampilkan di hasil pencarian google. Dengan adanya SEO, kemungkinan besar blog/situs yang tak memiliki artikel sama sekalipun seolah-olah memiliki artikel yang sangat bermanfaat. Padahal jika kita buka biasanya akan muncul "Maaf, artikel ... tidak dapat di temukan.". Read More..

Sekarang Jam :

Popular Posts

We share all about usefull technology information and computer

Diberdayakan oleh Blogger.

All About Technology For Future

Rabu, 16 November 2011

Keberadaan Situs Sampah, Merendahkan Kualitas Teknologi Informasi

Gerakkan Anti Situs Sampah
3S (Stop Situs Sampah)


Internet telah menyebar dan berkembang pesat di awal abad ke 21 ini. Banyak sekali perubahan-perubahan atau kemajuan dalam internet. Mulai dari mesin pencari (search engine), bahasa pemrograman web (html, css, javascript, php, asp, dll.), hingga web browser (seperti : Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari, Google Chrome, dsb.).

Dalam perkembangan internet, muncul mesin pencari yang sangat melekat pada internet yaitu Google. Dengan tampilan yang cukup sederhana dan memberikan hasil pencarian yang cukup relevan, maka Google dinyatakan sebagai “Search Engine Terbaik Di Dunia”, bahkan banyak yang menyebutnya menjadi “Mbah Google”. Google sebagai search engine terbaik, seolah-olah sebagai pusat dari internet di seluruh dunia yang mana semua situs akan sulit ditemukan tanpa adanya Google. Oleh karena itu, para blogger/webmaster saling bersaing untuk mendapatkan angka yang paling atas pada hasil pencarian google agar blog/situs mereka mendapat banyak pengunjung (visitor).

Selain perkembangan di atas, yang mulai hangat saat ini adalah perkembangan website khususnya blog. Blog berperan sangat besar dalam perkembangan teknologi informasi khususnya internet karena kebanyakan sumber tulisan yang menyebar di internet adalah dari sebuah blog. Banyak sekali blog yang tersedia di internet dan kebanyakan dari blog-blog tersebut berasal dari Blogger dan Wordpress.

Alasan Membuat Blog

Seseorang membuat blog karena banyak alasan. Setiap orang pasti memiliki alasan tersendiri, mengapa harus membuat blog. Berikut ini adalah beberapa tujuan/alasan untuk membuat blog :

Membuat blog sebagai diary

Pada awalnya blog memang merupakan diary pribadi si yang punya blog. Sampai sekarang blog juga masih digunakan sebagai diary pribadi. Diary dalam sebuah blog lebih praktis dari diary berupa buku zaman dahulu. Dimana blog dapat diakses dari mana saja dan kapan saja tidak ada kata ketinggalan di rumah seperti buku. Kemungkinan rusakan lebih kecil. Untuk mengakses hanya dibutuhkan sebuah kata kunci.

Membuat blog sarana belajar mengajar

Blog juga dapat dijadikan tempat sarana belajar mengajar, dimana dapat dimuat dengan catatan di sekoalah maupun kampus. Dapat juga dijadikan catatan hasil googling anda. Blog juga dapat sarana belajar dunia internet lebih dalam dan masih banyak pelajaran yang dapat dipetik dari sebuah blog.

Membuat blog sebagai promosi jati diri seseorang

Lewat blog juga anda dapat menunjukan jati diri anda kepada dunia. Orang macam apa anda. Disini anda juga dapat membangun karakter anda dan menujukan kesemua orang. Dengan membangun karakter anda suatu saat anda menjadi terkenal dengan karakter yang telah anda promosikan bersama blog anda. Kalau boleh saya sarankan kalau membuat blog isilah dengan jati diri anda sendiri dan bersiaplah menjadi terkenal.

Membuat blog sebagai ajang bersosialisasi

Ya beltul..Blog juga dapat ajang mencari teman. Bayangkan dari berjuta blog yang ada tentu ada yang sepaham dengan anda. Dengan seringnya berkomentar maka terjadilah komunikasi dan perkenalan maka dari situlah anda mulai bersosialisasi. Bahkan bisa lebih jauh dan lebih mengenal dari situs jejaring sosial seperti facebook twitter dan sebagainya.

Membuat blog pengisi waktu luang dan kesenangan

Blog juga dapat mengobati rasa sepi anda dimana, dikala anda jenuh dan mempunyai banyak waktu luang dan binggung mau berbuat apa, kenapa anda tidak mencoba membuat sebuah blog disana anda dapat menghabiskan waktu anda berjam-jam dengan sendirinya membuat anda konsentrasi dan melupakan pikiran yang menggangu anda. Karena dengan sebuah buah blog anda bebas berkreasi selama masih dapat dipertanggung jawabkan. Dengan demikian blog juga menjadi hiburan dan kesenangan.

Membuat blog membantu banyak orang dengan informasi anda

Kalau anda seorang yang senang berbagi dan ingin membantu banyak orang dengan informasi atau keahlian anda maka blog dapat dijadikan sarana untuk itu. Karena blog dapat dibaca oleh semua orang dan menjangkau keseluruh dunia. Dengan demikian ilmu anda akan dicatat dan tersebar luas dengan membuat blog, amal anda akan mengalir terus sekalipun anda sedang tidur. Bukankah kita dianjurkan berbagi kepada sesama, sekecil apapun informasi akan sangat berguna bagi yang membutuhkan. Sampaikanlah informasi tersebut walau hanya satu ayat.

Membuat blog untuk mencari uang

Ya betul..Blog dapat juga dijadikan sebagai peluang usaha yang sering disebut internet marketing. Dari yang awalnya blog sebagai diary atau personal blog dengan perkembangan internet yang semagkin luas blog dapat dijadikan ajang mencari uang.

Sudah banyak yang membuktikan blog dapat dijadikan peluang usaha, ada yang sudah full time di internet marketing dengan menjalankan usaha ini secara profesional. Dari segi pengasilan ada yang sudah mencapai ratusan dolar. Dengan pengasilan sebanyak itu tentu memerlukan perjuangan pengorbanan dan kerja keras. Bukan perkara mudah memang, yang pasti internet marketing itu ada, tinggal masing-masing individu seberapa besar keinginan untuk memperjuangkannya.

Pergeseran Nilai Penggunaan Blog

Perubahan nilai penggunaan blog kian hari semakin berubah. Awalnya, blog di ciptakan untuk menulis diary. Semakin hari kian berkembang hingga memunculkan bermacam-macam artikel ataupun tulisan lainnya yang dapat bermanfaat.  Namun sekarang blog tidak hanya untuk menuliskan artikel atau sekedar tulisan bahkan manfaat atau kualitas dari tulisan tersebut sering tidak diperhatikan. Penggunaan blog yang membuat penasaran para blogger adalah sebagai media bisnis internet yang biasa disebut dengan “Internet Marketing”. Kabarnya dengan hanya meng-klik iklan pada blog, maka blog tersebut akan mendapat uang. Mungkin hal ini pula yang menyebabkan para blogger bersaing dengan keras agar blognya muncul pada daftar yang paling atas.

Segala cara dilakukan oleh para blogger untuk mendapatkan page rank tertinggi. Hal itu memunculkan adanya SEO (Search Engine Optimization), yaitu suatu cara mengoptimasi blog agar search engine dapat melakukan crawl di blog dengan baik sehingga blog dapat ditampilkan di hasil pencarian google. Dengan adanya SEO, kemungkinan besar blog/situs yang tak memiliki artikel sama sekalipun seolah-olah memiliki artikel yang sangat bermanfaat. Padahal jika kita buka biasanya akan muncul “Maaf, artikel … tidak dapat di temukan.”. Namun sebaliknya, blog yang memiliki artikel yang baik dan berkualitas, sedangkan SEO blog tersebut kurang optimal akan sulit untuk ditemukan oleh mesin pencari.


Ciri-Ciri Blog/Situs Sampah


Memang di internet setiap orang bebas mengupload apapun, walaupun itu sesuatu yang sangat mengganggu yang terpublikasi dengan ramai, ini berarti kelemahan system search engine yang mempublikasikannya dan belum dapat memfilternya. Dan juga cara pandang para developer web/blog dalam mencari uang. Mereka sudah tau apa yang mereka buat itu menyesatkan banyak orang, dan mereka masih tetap membuat. Sementara ini kita hanya bisa beropini saja tanpa melakukan tindakan apapun, karena kita bukan polisi internet.

Untuk itu kita harus lebih mengenal mana blog-blog sampah yang menggunakan auto-content dan yang bukan. Biasanya blog-blog sampah menggunakan susunan permalink sebagai berikut :

domainname/search/keyword1+keyword2+keyword3
domainname/tags/keyword1+keyword2+keyword3
domainname/topic/keyword1+keyword2+keyword3

dan masih banyak lagi permalink-permalink yang digunakan. Sebaiknya anda selalu memperhatikan susunan permalink dari hasil pencarian di search engine. Jangan sampai anda membuang waktu dan bandwith anda hanya karena tersesat di blog-blog sampah. 
Dampak Situs Saprofit (Sampah) terhadap Kualitas TI ??

Situs-situs sampah seperti itu tentu sangat merugikan dalam kemajuan teknologi informatika. Secara tidak langsung situs tersebut telah memberikan kesan negatif terhadap masyarakat akan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu, dapat menghambat arus informasi yang akurat.

Hal itu juga berdampak pada bidang pendidikan. Situs-situs tersebut menghambat para siswa yang aktif dan sering mencari sumber-sumber pengetahuan yang lain lewat internet. Padahal, di masa kini banyak guru yang memberi tugas yang bersifat online. Saya sendiri merasa agak kesulitan dalam mencari suatu sumber yang benar-benar berkualitas selain di buku.

Cara Menanggulangi


Kejahatan akan merajalela jika orang-orang baik memilih diam. Jadi apa yang bisa dilakukan sebagai perlawanan?
Pertama, kenalkan para pemula dengan situs sampah, bagaimana ciri-cirinya dan beritahu apa yang bisa dilakukan.
Langkah kedua, mempersenjatai pengguna agar dapat melindungi diri dari gangguan berulang.  Ini dapat dilakukan dengan mengganti browser mereka dengan Google Chrome dan tambahkan ekstensi Personal Blocklist.
Setelah memasang Personal Blocklist, di kanan atas layar akan tampil gambar telapak tangan seperti tampak di kanan paragraf ini. Setiap kali kita dibawa ke situs sampah, kita tekan saja tombol tersebut. Akan muncul pop up, lalu klik “block current host: …” Setelah itu, situs sampah tersebut tak akan keluar lagi di hasil pencarian kita. Cukup dengan dua klik, selamanya bebas dari situs sampah.
Jika Anda belum puas, dapat tambah lagi Google Webspam Report. Gunanya persis seperti namanya: melaporkan sampah-sampah yang mengotori hasil pencarian Google. Prosedurnya sedikit lebih repot, harus dalam keadaan login di google dan sedikit menjelaskan alasan pelaporan. Tapi juga sedikit lebih puaaas, apalagi kalau situs yang dilaporkan akhirnya lenyap dari halaman pertama >:D
Demikian.
Silakan menambahkan.
Tautan yang mungkin berguna:
Cara lain untuk membantu mengatasinya adalah  dengan melapor kepada Google sendiri. Berikut adalah langkah untuk melakukannya.
Cari sesuatu melalui google. Nah, ketika anda menemukan situs sampah, copy alamatnya dan kembali saja ke halaman google lagi, caranya bisa dengan menekan tombol back pada browser yang anda gunakan, setelah anda kembali ke google, lihat di bagian bawah seperti pada gambar di bawah ini.
google search2.JPG
Tekan tombol Kirim Umpan Balik yang ada di bawah itu maka anda akan masuk ke halaman seperti di bawah ini.

Kemudian Klik pada tombol “Hasil penelusuran google tidak membantu” kemudian anda akan menemukan pilihan laporan seperi
  • * Saya tidak dapat menemukan laman atau informasi yang saya inginkan.
  • * Hasil penelusuran mengikutsertakan spam.
  • * Hasil penelusuran mengikutsertakan laman yang tidak relevan.
  • * Saya mengeklik hasil, dan malah diarahkan ke tautan yang tidak ada atau laman galat.
  • * Lainnya
seperti pada gambar di bawah ini

Anda bisa menklik salah satu misalkan Hasil penelusuran mengikutsertakan laman yang tidak relevan.
Maka akan muncul halaman seperti ini
google44.JPG
Nah kemudian masukan saja alamat situs atau Blog yang anda anggap sebagai sampah atau tidak relevan (dalam gambar saya buramkan),
di bagian pertanyaan mengapa tidak relevan, isi dengan alasan anda misalkan dengan alasan Auto generate Content yang artinya Kontent di buat dengan cara Otomatis atau alasan lainnya… setelah semuanya terisi anda tinggal tekan tombol Kirim,
Nah dengan langkah sederhana di atas, anda telah memberitahu google tentang halaman situs yang mengganggu tersebut, tim google akan memeriksa halaman tersebut, semakin banyak laporan pengunjung maka semakin cepat pula respon google untuk melakukan SIDAK terhadap situs yang anda laporkan itu.
Tindakan anda tersebut di harapkan akan membantu google agar menjadi lebih berkualitas, terutama google.co.id atau google indonesia yang sudah sangat kotor dengan blog sampah.


    Daftar Pustaka
    http://simpletuto.blogspot.com/2011/08/tujuan-dan-alasan-membuat-blog.html
    http://guhpraset.wordpress.com/2011/05/10/blokir-situs-sampah-terkutuk/
    http://www.bippi-ismail.info/2011/06/semakin-banyaknya-sampah-search-engine.html
    http://id.haryantoblog.com/2011/04/cara-membantu-google-hapus-situs-dan-blog-sampah-dari-serp/

    Ikuti Lomba Blogging dalam ComputingCup 2011 berhadiah Jutaan Rupiah!

    3 komentar:

    selain Auto ganarate content, yang termasuk dalam katagori blog sampah apa lagi kang, kw seumpama blog menggunakan autosuft buat ndongkak pagview termasuk dalam katagori sampah gak gan, moga ja sampahnya sampah organik ya masih bisa di olah dan masih ada manfaatnya,.....hehhehhehhehhehhhe...salam kenal...

    @goyang pattah-pattah : Hahaha.. sebelumnya, thanks mas sudah komentar! kalo menurutku sih itu relatif mas.. liat-liat dulu jika emang dia(pemilik blog) emang bisa menyajikan artikel-artikel yang sangat berguna ya sah-sah aja.. tapi kalo artikelnya aja sampah ya emang harus dibuang ke tempat sampah.. hahaha...

    selmat yah.
    anda yang juara pertama

    Posting Komentar

    Search

    My Aim

    computing cup 2011
    Powered By Blogger

    NetworkedBlogs

    Pengikut

    All About Technology And Computer
    By Muhammad Zha'farudin Pudya W @ R-SMA BI NEGERI 01 BATU
    Template Design "Techno Simple Guide" by Muhammad Zha'farudin P.W
    Copyright© 2011

    GuestBook

    Tuliskan pesan dan kesan anda disini!
    To Content